Wisata Air Terjun

Daya Tarik Air Terjun Tertinggi Di Yogyakarta, Air Terjun Perawan Sidoarjo

Pertumbuhan wisata di Yogyakarta memang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai wisata alam yang baru yang bisa menjadi alternatif Anda ketika berlibur. Pada artikel kali ini, kami akan sedikit membahas salah satu tempat wisata di Jogja terbaru yaitu wisata air terjun di yogyakarta yang bisa menjadi destinasi wisata berlibur Anda yaitu Air Terjun Perawan Sidoarjo yang berada di Kabupaten Kulonprogo.

Pesona Air Terjun Perawan Sidoarjo

Ketika Anda sampai di Air Terjun Perawan Sidoarajo, Anda akan terpana dengan ketinggian tebing air terjun yang bisa mencapai 75 meter ini. Oleh karena itu Air Terjun Perawan Sidoarjo biasa disebut sebagai air terjun tertinggi di Yogyakarta. Rata – rata air terjun di Yogyakarta hanya mencapai 50 meter ke bawah. Namun Anda tidak di sarankan untuk berenang di sini karena debit air yang sangat minim.

Di sini pun Anda belum bisa menemukan fasilitas ynag baik karena air terjun ini masih tergolong air terjun yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Oleh karena itu Anda harus membawa perbekalan sendiri jika ke sini. Bahkan jika Anda merasa ingin buang air besar maupun kecil Anda bisa menumpang di rumah warga yang terletak tidak jauh dari lokasi.

Penamaan air terjun ini juga sederhana. Nama Perawan karena belum banyak dikunjungi sedangkan kata  Sidoarjo karena terletak di Desa Siodarjo. Pemandangan di sinipun sangat bagus dan tenang sehingga cocok untuk bersantai dan menyegarkan pikiran.

Perjalanan Menuju Air Terjun Perawan Sidoarjo

Lokasi Air Terjun Perawan Sidoarjo ini tentunya berada di Desa Sidoarjo yang berada di Kecamatan Samigaluh Kulonprogo. Untuk menuju obyek wisata ini Anda akan menempuh jarak sekitar 29 km atau membutuhkan waktu 1 jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Dikarenakan air terjun ini berada di jajaran Pegunungan Menoreh, tentunya kontur geografi menuju Air Terjun Perawan Sidoarjo akan sangat manantang adrenalin bagi yang belum terbiasa.

Anda akan melewati tanjakan tajam, turunan tajam, hingga jalan berkelok – kelok sehingga akan lebih aman jika Anda menggunakan sepeda motor saja daripada mobil. Agar perjalanan Anda lebih nyaman dan tidak memakan waktu yang lama, ada baiknya Anda menggunakan jalan godean saja.