Wisata Air Terjun

Air Terjun Sri Gethuk

Gunungkidul, Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan deretan pantainya yang indah namun juga memiliki pesona alam lain yang tidak kalah menakjubkan. Salah satu lokasi di Gunungkidul yang memiliki obyek wisata yang cukup terkenal adalah didaerah Playen, Air Terjun Sri Gethuk.

Air terjun ini memang menjadi salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena pesonanya yang indah. Meskipun daerah Playen merupakan kawasan yang tandus dan sangat panas, namun nyatanya menyuguhkan tempat wisata yang indah. Sehingga wajar saja jika wisatawan lebih banyak berdatangan ke Gunungkidul karena obyek wisata alamnya yang beragam.

Wisata air terjun ini tepatnya terletak di desa Bleberan, Playen yang notabene masih sangat asri sehingga selama perjalanan masih disuguhkan udara yang sejuk. Ketika sampai di lokasi maka wisatawan akan disambut dengan gemericik air terjun. Nah untuk menuju lokasi wisata maka pengunjung akan bisa memilih dua rute yakni dengan rute jalan kaki atau rute naik perahu atau gethek. Untuk naik gethek, pengunjung akan dikenakan biaya sekisar Rp. 10ribu-15ribu.

Sebaiknya datang ketika musim peralihan antara musim hujan dan musim kemarau, akan tetapi kamu juga bisa datang ketika musim kemarau meskipun debit air akan berkurang namun gemericik air masih bisa kamu nikmati. Jika di musim hujan, air sekisar sungai akan keruh karena lumpur sehingga sangat sulit untuk menyebrang dengan perahu. Disisilain, apabila berjalan kaki kemungkinan jalan licin karena lumut dan lumpur disekitar jalan tersebut.

Fasilitas wisata di air terjun Sri Gethuk juga lengkap seperti tempat parkir, ruang ganti, toilet dan juga warung-warung yang menjajakan makanan. Nah, untuk mampir ke tempat wisata ini maka kamu wajib mencoba makanan khas Gunungkidul yakni tiwul. Tiwul sendiri merupakan makanan khas Gunungkidul yang terbuat dari ketela. Makanan ini dulunya adalah makanan pengganti beras sehingga dijamin rasanya tidak kalah nikmat jika dipadukan dengan lauk.

Untuk menuju lokasi wisata air terjun Sri Gethuk kamu cukup ikuti jalan ketika menuju ke pantai. Jika kamu dari arah Yogyakarta maka kamu ambil jalan Wonosari kemudian menuju ke Patuk. Ketika sampai di Patuk tetap lurus hingga menemukan pertigaan Gading. Kemudian kamu belok ke arah kanan menuju Playen. Setelah ambil jalan menuju Playen maka ambil ke kanan menuju ke Palihan. Jika sudah belok kanan ke arah Palihan tersebut cukup ikuti penunjuk jalan ke air terjun Sri Gethuk. Jika sudah mendapatkan petunjuk jalan maka ambil kanan kemudian lurus saja, nanti akan menemukan petugas wisata yang akan menunjukkan ke arah ke air terjun Sri Gethuk.