Wisata Air Terjun

Air Terjun Seribu Batu

Air terjun Seribu Batu, belakangan mulai dikenal oleh masyarakat sekitar setelah dipromosikan sebagai destinasi wisata baru di kecamatan Imogiri, Bantul. Berada di kawasan desa wisata Wukirsari yang merupakan sentra kerajinan batik khas imogiri, air terjun ini seolah menjadi daya tarik tersendiri yang semakin mendukung potensi wisata di kawasan tersebut.

Berada tepat di dusun Cengkehan, Wukirsari, Imogiri, Bantul, air terjun ini semula bernama Curug Cengkehan, sesuai dengan nama dusun tempat air terjun tersebut berada. Tak hanya itu saja, dulunya air terjun ini juga sempat dikenal dengan nama Curug Gedangan.

Air terjun ini muncul dibalik bebatuan besar dan ukurannya tidak terlalu tinggi. Di bawah air terjun tersebut, terdapat sungai yang merupakan aliran air terjun dan terdapat batu-batuan besar di tengahnya. Ketika musim hujan tiba, aliran air dari air terjun ini cukup deras dan debit air di bawahnya juga akan banyak sehingga cocok digunakan untuk berenang oleh pengunjung. Tak hanya itu saja, selain berenang, pengunjung juga dapat berselfie di atas bebatuan besar tersebut dengan latar belakang studio alam yang menakjubkan.

Sangat disarankan wisatawan berkunjung di air terjun ini pada musim hujan tiba karena jika pada musim kemarau, terkadang aliran air terjun hanya sedikit dan tidak nampak seperti air terjun. Bahkan, terkadang tidak ada air di tempat ini sehingga air terjun tidak muncul.

Perjalanan menuju ke air terjun ini dapat ditempuh oleh wisatawan dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Akan tetapi, petunjuk untuk sampai di lokasi air terjun Seri Batu ini tergolong minim. Pengunjung hanya bisa berpatokan pada lokasi desa wisata Wukirsari kemudian mengikuti satu-satunya jalan hingga mentok. Apabila merasa ragu-ragu, sangat setelah sampai di lokasi desa wisata tersebut ada baiknya pengunjung bertanya pada warga sekitar.

Bagi pengunjung yang datang ke lokasi ini menggunakan roda empat, maka pengunjung hanya dapat memarkirkan kendaraan di area bawah parkir Makam Sunan Cirebon dan hanya dapat diparkir di tempat tersebut. Selanjutnya, pengunjung harus berjalan kaki untuk sampai di air terjun itu.