Wisata Air Terjun

Air Terjun Randusari

Ketika musim hujan, kebanyakan orang lebih suka berdiam diri rumah dan menikmati kopi atau the hangat bukan? Namun, apabila kamu adalah orang yang suka traveling maka situasi seperti ini pun pasti tetap kamu terjang. Nah, apabila kamu berkunjung ke Yogyakarta dan pada saat musim hujan maka tidak ada salahnya untuk berkunjung di daerah Bantul.

Bantl tidak hanya terkenal dengan kerajinan tangan seperti gerabahnya atau pantai parangtritisnya saja, Bantul juga dikenal dengan air terjun yang dimiliknya. Masih asing jika ternyata Bantul memiliki air terjun? Baiklah, ketika musim hujan akan ada baiknya kamu berkunjung ke air terjun musiman. Ya, air terjun tersebut hanya akan memiliki debit air tinggi ketika musim hujan sedangkan ketika di musim kemarau cenderung sangat sedikit dan cenderung tidak dialiri air. Air terjun ini bernama air terjun Randusari yang terletak di dusun Rejosari, desa Jatimulyo, Dlingo, Bantul.

Tahun lalu, air terjun ini baru dikembangkan yang mana sudah dilengkapi dengan papan nama ‘Air Terjun Randusari’ agar memudahkan pengunjung ke tempat lokasi. Ketika kamu sampai ke kawasan air terjun ini maka kamu akan melihat dari kejauhan bahwa air terjun ini kembar. Ya, jika dilihat air terjun ini mengalir dari dua sisi dengan debit air yang cukup tinggi (ketika musim hujan).

Tidak perlu khawatir, untuk menyelam ke air terjun ini kamu tidak perlu pelampung karena kedalamannya hanya sekisar1meter saja. Sehingga kamu bisa bermain air atau berfoto-foto sepuasnya. Masih dikawasan tersebut juga terdapat pohon kelapa yang menjulang yang digunakan untuk menggantung ayunan atau dikenal dengan hammock.

Menikmati air terjun dari hammock tentunya akan memberikan nuansa yang menyejukkan. Kamu bisa berpuas-puas bermain di air terjun ini, namun tetap jaga kelestarian lingkungan agar tetap terjaga dengan baik.

Untuk menuju ke air terjun Randusari bisa melalui jalur imogiri timur lurus hingga pasar Imogiri kemudian ambil arah ke hutan Pinus Mangunan. Dari hutan Pinus Mangunan tetap lurus hingga menuju ke bukit Becisi. Kemudian masih lurus melewati Bukit Becici maka kamu akan menemukan petunjuk arah ke Air Terjun Randusari.