Wisata Air Terjun

Air Terjun Luweng Sampang, Air Terjun Unik Layaknya di Grand Canyon

Bagi kamu yang ingin hunting foto air terjun dengan pemandangan yang tak biasa, tampaknya kamu harus mnegunjungi air terjun Luweng Sampang yang berada di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Disana, kamu akan mendapati pesona air terjun yang terbilang unik dan tak seperti air terjun pada umumnya karena air terjun tersebut muncul diantara relief bebatuan yang bentuknya mirip seperti Grand Canyon  yang berada di Amerika Serikat. Batuan putih tersebut memiliki tekstur bergaris-garis karena tergerus air sungai sehingga air terjun yang muncul diantara batuan tersebut sangat cantik dan sangat photogenic.

Tinggi air terjun Luweng Sampang ini terbilang cukup pendek, yakni sekitar 5 meter dan akan terlihat sangat indah ketika kamu menuruni bagian bawah air terjun yang dikanan kirinya terdapat keelokan ukiran alami batuan tersebut. Air di Luweng Sampang ini pun berwarna biru kehijauan yang pastinya terlihat sangat cantik ketika difoto.

Kecantikan air terjun tersebut pastinya dapat kamu lihat dengan sempurna ketika musim hujan tiba karena debit air akan melimpah dan air terjun mungil tersebut tampak jelas dari kejauhan. Jika kamu berkunjung di musim kemarau, maka kamu akan mendapati debit air yang sangat minim dan air terjun tersebut tidak nampak.

Selain kamu dapat menikmati pemandangan dan hunting foto di bawah air terjun yang indah disela-sela batuan bertekstur unik tersebut, di tempat tersebut kamu juga dapat bermain air atau pun memancing karena kolam di bawah air terjun cukup dangkal dan tidak berarus kuat. Air terjun berukuran kecil pun juga banyak terdapat di tempat ini sehingga sangat cocok untuk bermain air di bawahnya, terutama bagi kamu yang mengajak anak-anak.

Air terjun Luweng Sampang ini berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Jogja, sehingga bagi kamu yang ingin berkunjung di obyek wisata air terjun ini harus menempuh perjalanan kurang lebih satu jam. Meski perjalanan cukup lama, perjalananmu akan terbayar lunas setelah melihat kecantikan air terjun ini yang mirip dengan Grand Canyon Pangandaran maupun Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.